Rabu, 12 Oktober 2011

Sumber Daya Manusia

Pada Saat lebaran kemarin saya mendatangi ladang/sawah di daerah jawa tengah. Kebetulan teman saya itu membuka usaha dibidang pertanian, yaitu penanaman buah melon. Sesampainya disana, saya bertemu dengan petani & salah satu pegawai yang membantu dia bernama Arif.
Kamipun berdialog:
Saya : Bagaimana anda bisa bekerja disini ?
Arif    : Saya bekerja disini karena petani melon ini masih saudara saya , karena saya masih belum memiliki pekerjaan dan mencari pekerjaan sangat sulit saya akhirnya ikut bekerja membantu di sawah.
Saya : apa saja persyaratan yang harus dimiliki supaya dapat ikut membantu disini ?
Arif    : semua pegawai disini harus berbuat jujur , rajin, memiliki keahlian dalam pertanian, karena membantu disini harus menjaga dari serangan hama. Dengan cara menyemprotkan obat supaya buah tidak diserang hama.
Saya  : berapa penghasilan anda selama bekerja disini ?
Arif     :penghasilan saya sebesar 5% dari keuntungan yg didapat, 25% untuk petani dan 70% untuk pemilik sawah sekaligus pemilik modal. penanaman melon ini selama 2 bulan. Jadi penghasilan penanaman melon pada saat panen bila berhasil sebesar 50 Jt, saya mendapatkan sekitar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar